Terms & Condition

Selamat datang di www.lapaksatwa.co.id

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Lapak Satwa Indonesia terkait penggunaan situs www.lapaksatwa.co.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.lapaksatwa.co.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT.Lapak Satwa Indonesia. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.lapaksatwa.co.id.

Definisi

  1. PT Lapak Satwa Indonesia adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.lapaksatwa.co.id, yakni situs belanja hewan peliharaan online. Selanjutnya disebut Lapak Satwa Indonesia.
  2. Situs Lapak Satwa Indonesia adalah www.lapaksatwa.co.id.
  3. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Lapak Satwa Indonesia yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Lapak Satwa Indonesia, serta tata cara penggunaan sistem layanan Lapak Satwa Indonesia.
  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Lapak Satwa Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Lapak Satwa Indonesia.
  5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Hewan Peliharaan yang dijual oleh Penjual di Situs Lapak Satwa Indonesia.
  6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Hewan Peliharaan kepada para Pengguna Situs Lapak Satwa Indonesia.
  7. Hewan Peliharaan adalah hewan yang kehidupannya untuk sebagian atau seluruhnya bergantung pada manusia untuk maksud tertentu dan bukan termasuk hewan yang dilindungi.
  8. Rekening Resmi Lapak Satwa Indonesia adalah rekening bersama yang disepakati oleh Lapak Satwa Indonesia dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di Situs Lapak Satwa Indonesia.

Akun, Saldo Refund, Password dan Keamanan

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  2. Lapak Satwa Indonesia tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
  3. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna Lapak Satwa Indonesia, kecuali bagi Pengguna yang telah memiliki beberapa akun dengan 1 (satu) nomor telepon sebelumnya.
  4. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:- Pembeli- Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko.
  5. Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, Pengguna berhak melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi Pengguna.
  6. Lapak Satwa Indonesia tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Hewan Peliharaan ke gudang, penghapusan Hewan Peliharaan, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
  7. Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Lapak Satwa Indonesia. Pengguna menyetujui bahwa Lapak Satwa Indonesia berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
  8. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Lapak Satwa Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  9. Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Hewan Peliharaan di Situs Lapak Satwa Indonesia dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
  10. Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Lapak Satwa Indonesia.
  11. Penjual dilarang melakukan duplikasi toko, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  12. Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah nama toko dan/atau domain toko Pengguna.
  13. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  14. Lapak Satwa Indonesia tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Lapak Satwa Indonesia menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Lapak Satwa Indonesia atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  15. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Lapak Satwa Indonesia jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  16. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Lapak Satwa Indonesia tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

Transaksi Pembelian

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Lapak Satwa Indonesia. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Lapak Satwa Indonesia akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Lapak Satwa Indonesia telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian Hewan Peliharaan, Pembeli menyetujui bahwa:
    • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Hewan Peliharaan (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
    • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Lapak Satwa Indonesia tergantung pada monitor komputer Pembeli. Lapak Satwa Indonesia telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Lapak Satwa Indonesia muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Lapak Satwa Indonesia akan akurat.
    • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Hewan Peliharaan ketika Pengguna membeli suatu Hewan Peliharaan.
    • Lapak Satwa Indonesia tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Hewan Peliharaan dari Penjual kepada Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Hewan Peliharaan merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Hewan Peliharaan tersebut. Terkait ketersediaan stok Hewan Peliharaan dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Hewan Peliharaan kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas Hewan Peliharaan yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  4. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi Lapak Satwa Indonesia dan/atau tanpa sepengetahuan Lapak Satwa Indonesia (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Lapak Satwa Indonesia atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  5. Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  6. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  7. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Lapak Satwa Indonesia.
  8. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Lapak Satwa Indonesia. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
  9. Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Hewan Peliharaan, setelah menerima kiriman Hewan Peliharaan yang dibeli. Lapak Satwa Indonesia memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Lapak Satwa Indonesia, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Hewan Peliharaan. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Hewan Peliharaan secara otomatis oleh sistem Lapak Satwa Indonesia.
  10. Setelah adanya konfirmasi penerimaan Hewan Peliharaan atau konfirmasi penerimaan Hewan Peliharaan otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Lapak Satwa Indonesia akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
  11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Hewan Peliharaan adalah bukan menjadi tanggung jawab Lapak Satwa Indonesia. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Hewan Peliharaan menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  12. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Hewan Peliharaan yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  13. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Lapak Satwa Indonesia adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
  14. Pengembalian dana dari Lapak Satwa Indonesia kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Hewan Peliharaan,
    • Masalah pengiriman Hewan Peliharaan telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Hewan Peliharaan tidak sampai,
    • Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
    • Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Hewan Peliharaan, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Hewan Peliharaan hingga batas waktu yang telah ditentukan.
    • Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak Lapak Satwa Indonesia.
  15. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  16. Lapak Satwa Indonesia berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Lapak Satwa Indonesia adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  17. Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Refund Pembeli.
  18. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. PT Lapak Satwa Indonesia tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  19. Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal Hewan Peliharaan pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, Lapak Satwa Indonesia memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan Hewan Peliharaan atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan Hewan Peliharaan atau komplain apapun dari Pembeli, maka Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan Hewan Peliharaan dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
  20. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

Transaksi Penjualan

  1. Penjual dilarang memanipulasi harga Hewan Peliharaan dengan tujuan apapun.
  2. Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Hewan Peliharaan terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
  3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka Lapak Satwa Indonesia berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  4. Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran Hewan Peliharaan), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (v) penyusutan nilai harga dan (vi) pengiriman Hewan Peliharaan acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan Lapak Satwa Indonesia, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan Lapak Satwa Indonesia.
  5. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Hewan Peliharaan pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Hewan Peliharaan dari Lapak Satwa Indonesia. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
  6. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa Lapak Satwa Indonesia berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Hewan Peliharaan milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  7. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.
  8. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  9. Lapak Satwa Indonesia berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Lapak Satwa Indonesia adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  10. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
  11. Lapak Satwa Indonesia berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.
  12. Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

Penataan Etalase

  1. Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak terbatas pada informasi toko dan informasi Hewan Peliharaan) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Lapak Satwa Indonesia.
  2. Penamaan Hewan Peliharaan dan informasi produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Hewan Peliharaan, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama, deskripsi, gambar dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan Hewan Peliharaan tersebut.
  3. Penamaan Hewan Peliharaan dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Hewan Peliharaan yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Hewan Peliharaan.
  4. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Hewan Peliharaan yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
  5. Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  6. Lapak Satwa Indonesia memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Lapak Satwa Indonesia.

Harga

  1. Harga Hewan Peliharaan yang terdapat dalam situs Lapak Satwa Indonesia adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga Hewan Peliharaan dengan cara apapun.
  2. Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Hewan Peliharaan yang ditawarkan melalui Situs Lapak Satwa Indonesia. Lapak Satwa Indonesia berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Hewan Peliharaan ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Lapak Satwa Indonesia atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Lapak Satwa Indonesia dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  4. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Hewan Peliharaan yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Hewan Peliharaan yang dilakukan oleh pembeli.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Lapak Satwa Indonesia.
  6. Dengan melakukan pemesanan melalui Lapak Satwa Indonesia, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga Hewan Peliharaan, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
  7. Batasan harga maksimal satuan untuk Hewan Peliharaan yang dapat ditawarkan adalah Rp. 100.000.000,-
  8. Situs Lapak Satwa Indonesia untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Hewan Peliharaan dalam mata uang Rupiah.

Konten

  1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Lapak Satwa Indonesia, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Lapak Satwa Indonesia, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Lapak Satwa Indonesia. Lapak Satwa Indonesia berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Hewan Peliharaan yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Hewan Peliharaan atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Lapak Satwa Indonesia, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
  5. Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin I. 1 atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin I. 1 atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka Lapak Satwa Indonesia berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
  6. Ketika Pengguna mengunggah ke Situs Lapak Satwa Indonesia dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Lapak Satwa Indonesia hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Lapak Satwa Indonesia.
  7. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Lapak Satwa Indonesia. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Lapak Satwa Indonesia.
  8. Lapak Satwa Indonesia menyediakan fitur "Chat" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Hewan Peliharaan yang ditawarkan.
  9. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Lapak Satwa Indonesia bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.

Jenis Hewan Peliharaan

Berikut ini adalah daftar jenis Hewan Peliharaan yang dilarang dan/atau dibatasi untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs Lapak Satwa Indonesia:

  1. Hewan Peliharaan lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Promo

  1. Lapak Satwa Indonesia sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
  2. Dalam hal diadakannya Promo Gratis/Potongan Ongkos Kirim:
    • Jika terdapat selisih antara berat Hewan Peliharaan pada deskripsi produk dengan berat Hewan Peliharaan yang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan akan merujuk kepada berat Hewan Peliharaan pada data pihak kurir/logistik;
    • Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakan resi pengiriman valid. Penjual yang menggunakan resi pengiriman invalid tidak berhak untuk mendapatkan subsidi ongkos kirim; dan/atau
    • Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem Lapak Satwa Indonesia, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Pusat Resolusi, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
  3. Setiap Promo Lapak Satwa Indonesia tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi yang diinput lebih dari 1 (satu) kali, jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali, manfaat promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh pembeli pertama. Benefit promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (pembeli kedua).
  4. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Lapak Satwa Indonesia untuk mengikuti setiap promo Lapak Satwa Indonesia. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Lapak Satwa Indonesia.

Pengiriman Hewan Peliharaan

  1. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Hewan Peliharaan adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Hewan Peliharaan.
  2. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman Hewan Peliharaan tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Hewan Peliharaan yang dikirimkan.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Hewan Peliharaan oleh penyedia jasa layanan pengiriman Hewan Peliharaan adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  4. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian Hewan Peliharaan, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman Hewan Peliharaan langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. Lapak Satwa Indonesia tidak menerima pengembalian atau pengiriman Hewan Peliharaan atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
  5. Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa Hewan Peliharaan hilang, Hewan Peliharaan mati, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak Lapak Satwa Indonesia paling lambat 3x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.

“Laporkan”

  1. Laporkan adalah fitur yang disediakan oleh Lapak Satwa Indonesia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.
  2. Fitur ini akan secara otomatis menahan dana pembayaran Hewan Peliharaan ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Lapak Satwa Indonesia selesai.
  3. Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli berupa foto Hewan Peliharaan, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
  4. Penyelesaian permasalahan melalui fitur ini dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan Penjual.
  5. Jika Penjual tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak kendala dibuat, maka kendala secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pembeli.
  6. Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka Lapak Satwa Indonesia memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala.
  7. Dalam hal Lapak Satwa Indonesia membantu menyelesaikan kendala, maka sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Poin C. 16 dan Poin D. 11, Pembeli dan Penjual menyetujui bahwa Lapak Satwa Indonesia berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak.
  8. Lapak Satwa Indonesia berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi, meskipun salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) belum memberikan tanggapan atas solusi yang diberikan dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal: (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain kurir pengiriman yang memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman paket; (ii) Bukti dari Pembeli dan/atau Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email Lapak Satwa Indonesia, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Lapak Satwa Indonesia dengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian Pembeli atau Penjual; (iv) Salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) Kondisi tertentu yang menyebabkan Lapak Satwa Indonesia perlu segera melakukan mediasi.
  9. Atas keputusan pertama Lapak Satwa Indonesia diatas, baik Pembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
  10. Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa Keputusan Lapak Satwa Indonesia atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  11. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di fitur ini, Pembeli dan Penjual wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak Lapak Satwa Indonesia pada diskusi terkait.
  12. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa penanggungan ongkos kirim yang timbul selama proses penyelesaian kendala didasarkan oleh bukti-bukti dan/atau kesepakatan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Apabila Pembeli dan/atau Penjual tidak bersedia untuk menanggung ongkos kirim tersebut, maka Lapak Satwa Indonesia berwenang memberikan keputusan penanggungan ongkos kirim berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  13. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelah adanya kesepakatan untuk pengiriman Hewan Peliharaan kembali ke Penjual, apabila dalam waktu maksimal 2 x 24 jam (tidak termasuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu) terhitung sejak Penjual memberikan alamat, Pembeli tidak kunjung melakukan pengiriman Hewan Peliharaan, maka Lapak Satwa Indonesia berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  14. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Hewan Peliharaan pengganti untuk Pembeli dapat dilakukan maksimal 2 (dua) hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung sejak terdapat status pengiriman dari kurir logistik bahwa Hewan Peliharaan yang dikembalikan oleh Pembeli sudah diterima oleh Penjual. Apabila didapati bahwa Penjual tidak memenuhi ketentuan ini, maka Lapak Satwa Indonesia berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  15. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24 jam terhitung sejak Lapak Satwa Indonesia melakukan permintaan bukti kepada Pembeli dan Penjual atas transaksi terkait.

Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab

Lapak Satwa Indonesia adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website Lapak Satwa Indonesia. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Lapak Satwa Indonesia, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Lapak Satwa Indonesia secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web. Lapak Satwa Indonesia selalu berupaya untuk menjaga Layanan Lapak Satwa Indonesia aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Lapak Satwa Indonesia memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time. Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Lapak Satwa Indonesia atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Lapak Satwa Indonesia diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA". Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Lapak Satwa Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Lapak Satwa Indonesia bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Lapak Satwa Indonesia.
  2. Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Lapak Satwa Indonesia.
  3. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Lapak Satwa Indonesia.
  4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  5. Kualitas Hewan Peliharaan.
  6. Pengiriman Hewan Peliharaan.
  7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
  8. Perselisihan antar pengguna.
  9. Pencemaran nama baik pihak lain.
  10. Setiap penyalahgunaan Hewan Peliharaan yang sudah dibeli pihak Pengguna.
  11. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Lapak Satwa Indonesia, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Lapak Satwa Indonesia ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  12. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Lapak Satwa Indonesia yang diduga palsu.
  13. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.

Pelepasan

Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Lapak Satwa Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Hewan Peliharaan yang telah dilarang pada Poin Jenis Hewan Peliharaan. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan Lapak Satwa Indonesia dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Lapak Satwa Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Lapak Satwa Indonesia yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

Pilihan Hukum

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

Pembaharuan

Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Lapak Satwa Indonesia menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Lapak Satwa Indonesia, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.